Home » , , » Ini Dia! 5 Fitur BlackBerry 10 Paling Inovatif

Ini Dia! 5 Fitur BlackBerry 10 Paling Inovatif

Written By kho on Jumat, 19 Oktober 2012 | 13.39

BlackBerry 10 sampai artikel ini ditulis, masih belum bisa dipastikan tanggal pasti kemunculannya. Namun pihak RIM sendiri menyanggupi bahwa BlackBerry 10 ini akan dirilis pada awal tahun 2013, meskipun beberapa pengamat meragukan hal tersebut.

Namun kekuatiran pengamat sepertinya tak beralasan mengingat sejumlah bocoran-bocoran mengenai OS versi advanced ini telah muncul ke mana-mana. Bahkan seorang punggawa RIM di Mexico sendiripun baru-baru ini berani menyebarkan bocoran mengenai BlackBerry 10 yang semestinya dirahasiakan. Tak jelas motif si pelaku; mungkin karena euforia berlebihan akibat kecanggihannya yang disebut-sebut akan menumbangkan dominasi Apple dan Android.


Terlepas dari hal itu, RIM telah memamerkan prototipe ponsel ber-OS-kan BB 10 kepada para pengunjung di San Jose, Amerika Serikat pada 26 September lalu. Adapun perangkat yang disematkan OS 10 ini diberi nama smartphone BB Dev Alpha B.

Meskipun sudah masuk ke versi kedua, namun sepertinya versi ini belumlah final. Buktinya seperti yang diceritakan di atas. Kebocoran BB10 oleh pegawai RIM di Mexico tersebut selanjutnya dinamakan BlackBerry versi 'London" alias seri BlackBerry 10 L. Ada-ada saja...

Hingga kini baru beberapa fitur BlackBerry 10 yang bisa kami kumpulkan dari berbagai sumber. Ini dia fitur BB 10 yang heboh tersebut:

Active Frames (Frame Aktif)

Fitur Active Frames
Active Frames akan muncul di homescreen BB10 kamu, dan muncul dengan format mirip 'window' kecil. Frame-frame kecil ini adalah aplikasi yang ketika disentuh akan tampil penuh seukuran layar. Kamu bisa membuat hingga 8 active frames, yang akan tampil berurutan di mana yang terakhir diakses akan tampil pada posisi kiri atas.

Frame aktif yang bisa ditampilkan di layar maksimal bisa 4, di mana jika sebelumnya kamu membuka hingga 8 frame aktif, 4 sisanya bisa kamu tampilkan dengan menggulung ke bawah.

Secara garis besar, RIM membuat terobosan baru dengan fitur 'active frames', di mana Apple ataupun Android ketinggalan dalam hal ini.

Seperti halnya multitasking, mungkin kita berpikir fitur ini akan menghabiskan banyak baterai dan data, tapi RIM menjamin itu tidak menjadi masalah berkat prosesor QNX BlackBerry 10.

Peek (Intip)

Fitur Peek di BlackBerry 10
Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengintip aplikasi lain meskipun banyak aplikasi yang sedang berjalan di BB10 kamu. Meskipun fitur ini akan sangat bermanfaat, apalagi buat kamu yang sering menggunakan social media, sepertinya buat beberapa orang awam akan menyulitkan dan terasa kompleks.

Namun RIM sendiri akan menyediakan video tutorial langsung di dalam perangkat BlackBerry 10 itu.

Cascades

Fitur Cascade di BB 10
Cascades (sori belum nemu Bahasa Indonesia yang pas :p) ini adalah sistem navigasi yang memudahkan kamu untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa menutup aplikasi yang sedang aktif. Wuih Kerreen..

Seperti ketika kita membuka email, maka aplikasi email akan tampil selayar penuh, tapi jika kamu menggeser aplikasi itu dari kiri ke kanan maka ia pun akan mengikuti ke mana arah jari kamu sambil membuka kotak inbox di bawah.

Dengan demikian ketika ada pesan masuk manakala kita membaca email, kita bisa cek itu dari siapa tanpa menutup aplikasi tersebut. Dan jika kamu membuka dokumen PDF yang adalah lampiran email, maka dokumen PDFnya akan membuka secara 'cascade', sehingga membentuk layer-layer.

Fitur 'Time Shift' (Mesin Waktu) di Kamera

Fitur Mesin Waktu di BlackBerry 10
Nah ini dia fitur inovatif kreasi RIM yang layak diacungi jempol. Ketika kamu mengambil gambar gebetan kamu, misalnya dan gambar itu tidak indah dipandang karena ekspresinya kurang menyenangkan atau malah matanya terpejam, kamu tidak perlu mengulangiya lagi. Loh kok?

Tinggal masuk ke mode 'Time Shift' (Mesin Waktu) dan kamu bisa memilih wajah yang paling manis dari gebetan kamu itu. 'Time Shift' ini memang mendeteksi wajah dan mengambil beberapa detik setelah foto diambil, sehingga memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan gambar.

Canggih seih softwarenya. Namun ketika kamu mengambil foto banyak orang, dan ingin mengoptimalkannya satu per satu, 'Time Shift' ini kurang optimal dalam pencahayaan rendah alias dalam kondisi remang. Kamu harus menambahkan cahaya agar fitur ini bisa mendeteksi wajah mereka.

Semoga 'bug' ini bisa diupgrade oleh RIM sebelum mereka meluncurkan versi final BlackBerry 10.

Fitur Keyboard Virtual

Fitur Keyboard Virtual BB 10
Seperti halnya full touch screen pastilah menyediakan fitur keyboard virtual untuk mendukung pengoperasian messaging. Secara tampilan, desain keyboard virtual ini bentuk keypadnya mirip dengan BlackBerry Bold 9790 dan BlackBerry Bold 9900.

Seperti halnya ponsel canggih, prediksi kata berikutnya, auto-koreksi dan cek penulisan adalah fitur standar. Namun yang unik dari virtual-keyboard ini adalah; ia akan mempelajari gaya tulisan kamu dan akan mengusulkan pilihan kata yang lebih baik seiring kamu semakin sering menggunakan BB10 kamu.

Uniknya lagi fitur ini dapat mendeteksi 3 bahasa berbeda bahkan dalam satu pesan. Fitur pintar ini akan mengusulkan kata-kata Bahasa Inggris sewaktu kamu menulis dalam Bahasa Inggris, tapi usulan tadi bisa berubah menjadi Bahasa Perancis dengan tiba-tiba, lagi BB10 bisa mendeteksi perubahan dalam bahasa asal kamu dan menyesuaikan usulan-usulan prediktifnya.

Kalo penjelasan di atas belum mengena, buat kamu, kamu bisa melihat video preview BB 10 di bawah ini, dan saksikan kecanggihan fitur-fiturnya.


Sebenarnya ada banyak fitur-fitur terbaru dari BB10 ini. Namun yang paling mengagumkan dan inovatif ya 5 itu.

Banyak kesimpang-siuran rumor yang beredar kapan pastinya BlackBerry 10 ini dirilis ke publik. Ada pula yang mengatakan BB10 akan hadir akhir tahun 2012 ini. Ada pula yang berasumsi BB10 akan diadopsi terlebih dahulu oleh tablet BlackBerry PlayBook.

Memang menanti adalah aksi yang paling menjemukan. Namun dengan mengintip fitur-fitur canggih BlackBerry 10 di atas, BB 10 memang PANTAS diNANTI-nantikan.
Share this article :
 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger