Home » , , , » Tips Membeli BlackBerry Baru Maupun Bekas

Tips Membeli BlackBerry Baru Maupun Bekas

Written By Kho Djoen on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 15.21

Sebelum membeli BlackBerry, kamu harus tahu kualitas BB yang akan kamu gunakan nantinya. Jangan sampai membeli kucing dalam karung. Apalagi seperti pengalaman seorang blogger yang tertipu membeli Onyx II putih. Maksud hati membeli smartphone baru, tapi setelah dicek rupanya BB refurbished. Untung BBnya bisa dibalikin dan ditukar.

Makanya simak baik-baik Tips Membeli BlackBerry berikut, baik baru maupun bekas, agar kamu terhindar dari aksi penipuan si penjual. Kamu pun bisa membawa pulang BlackBerry gebetan kamu tanpa rasa kecewa or menyesal.

Mengapa Harus Cek BB Sebelum Membeli
1. Beli dari Distributor Resmi
Dengan membeli dari distributor resmi, mudah-mudahan kamu terhindar dari aksi si jahat. Memang seh bisa aja ada oknum yang nakal, namun dengan membeli BlackBerry dari distributor resmi seperti TAM (Teletama Artha Mandiri), Selular Shop (SS), atau Comtech (dulunya Trikomsel), kamu memiliki jaminan dan resiko minim.

2. Membeli dari Operator Seluler
Selain beli dari distributor resmi, kamu juga bisa membeli dari operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, AXis, dan seterusnya. Kualitas terjamin, apalagi paket bundling dengan operator harganya lebih murah atau mendapat paket gratisan ataupun promo-promo hemat. Sayangnya, paket BB biasanya dilock agar tidak bisa pindah ke operator lain.

3. Periksa Rekam Pemakaian Data dan Voice
Seperti smartphone lainnya, BlackBerry juga mempunyai rekam jejak penggunaan data dan voice yang bisa dicek dari BB itu sendiri. Jadi apabila rekam data dan voice itu menunjukkan nilai angka, berarti BB tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya.

Panduan untuk menge-cek rekam pemakaian atau usia penggunaan data dan voice adalah sebagai berikut:

Untuk BlackBerry OS 5.xx ke Bawah
  • Dari Home Screen (tampilan awal) BB, cari dan pilih Options
  • Selanjutnya, klik menu Status
  • Di keypad, ketik BUYR secara cepat
  • Nongol deh tuh rekam Data Usage dan Voice Usage di BB kamu. Bila Data Usage dan atau Voice Usage-nya bernilai angka, langsung aja damprat penjual yang bilang BB itu baru. Namun jika keduanya bernilai NOL, maka BBnya belum pernah digunakan untuk push-email, internetan; browsing, jejaring sosial, menelpon/ditelpon, dan seterusnya.

Cek Usia Pemakaian
Untuk BlackBerry OS 6.xx dan 7.xx
  • Di Home Screen alias tampilan awal BB, klik Options
  • Lalu pilih Device
  • Pilih submenu Device and Status Information
  • Ketikkan di keyboad kamu: BUYR
  • Perhatikan Data Usage dan Voice Usage, jika bernilai NOL, maka BlackBerry yang kamu pegang itu Baru! Jika bernilai angka, berarti BB itu sudah pernah digunakan.

4. Periksa IMEI dan PIN
Cek IMEI dan PIN
Langkah ini adalah prosedur awal yang wajib kamu lakukan. Kamu harus mencocokkan IMEI dan PIN yang ada pada perangkat BB kamu dengan yang tertera di kardus BBnya.

Kamu bisa menge-cek IMEI dan PIN di ponsel BlackBerry kamu dengan berbagai cara:
  • Lepaskan casing belakang dan angkat baterai BB kamu. Biasanya IMEI dan PIN tertera di bawah baterai
  • Gunakan fitur Help Me! dengan cara menekan ALT+CAPSLOCK+H secara bersamaan
  • Untuk BB dengan OS v.5xx ke bawah: Pilih Options, lalu klik Status ATAU Untuk BB dengan OS v.6xx atau 7.xx klik Options, pilih Device, dilanjut dengan klik Device and Status Information
  • Cara gampang dari home screen, ketik *#06#, ini adalah kode standar untuk mengecek IMEI semua merk dan tipe perangkat berbasis ponsel.

5. Periksa Kinerja dan Performa BlackBerry
Cek Kinerja Performa BB
Langkah selanjutnya adalah mengecek kinerja BB kamu. Langkah ini termasuk langkah yang paling menjemukan bila dilakukan manual. Namun kamu bisa melakukan pengecekan kinerja dan performa langsung dari BB kamu dengan menggunakan fitur TEST.

  • Untuk BB OS v.5.xx ke bawah, dari menu Options, pilih Status lalu ketikkan TEST
  • Untuk BB OS v.6.xx dan v.7.xx, klik Options, klik Device, pilih Device and Status Information, lalu ketikkan TEST

Dengan cara ini kamu bisa mengetes keyboard dan trackball dan atau fitur touch-screen, kamera, Audio, Bluetooth, konektivitas jaringan hingga GPS. Tinggal kamu pilih yang mana yang akan dites dan ikuti instruksi selanjutnya. Simpel dan tidak menjemukan!

6. Cek BlackBerry secara fisik
Perhatikan kondisi fisik BB kamu, apakah permukaannya tergores atau lecet. Muluskah permukaannya atau cacatkah casingnya. Banyak yang mengesampingkan langkah ini, namun apabila permukaan BB tidak sempurna atau malah ada yang cacat, berarti BB itu terindikasi bekas, refurbished, atau rekondisi, dengan mengesampingkan cacat pabrik.

7. Cek Kelengkapan Paket BlackBerry Saat Pembelian
Pastikan paket BlackBerry yang kamu beli itu lengkap dan sesuai dengan promo yang dijanjikan. Paket BlackBerry seharusnya memiliki charger, manual book/buku panduan, kartu memori, kabel data, handsfree, CD Driver atau malah leather case jika memang ada.

8. Cek Garansi BB
Gadget besutan RIM ini memang digandrungi banyak pengguna di Indonesia, khususnya kalangan pebisnis, profesional dan remaja. Dengan fitur BBM-nya memudahkan komunikasi dan membuat aktivitas texting menjadi lebih efektif dan efisien.

Sehubungan dengan itu semakin banyak pula penjual-penjual bahkan distributor lainnya yang menjamur, seperti Bless atau Berrindo. Yang jelas 3 (tiga) distributor resmi yang dijelaskan pada poin no. 1 itu memberikan garansi resmi. Langkah ini juga memastikan kamu memiliki BB baru tanpa kekhawatiran kondisi refurbished, bekas ataupun rekondisi.

8 Tips tersebut menjamin kamu membawa pulang BB tanpa rasa kecewa dan khawatir. Bila kamu merasa tips ini bermanfaat, Like di http://www.facebook.com/infopulsa212, atau Share melalui Twitter kamu :p
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di sini. Mohon hindari komentar yang berbau pornografi, sadisme, dan SARA.

 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger