Home » , , , , » XL Haji Vs Telkomsel Haji, Pilih yang Mana Yaa

XL Haji Vs Telkomsel Haji, Pilih yang Mana Yaa

Written By Kho Djoen on Selasa, 16 Oktober 2012 | 20.17

Sebenarnya tulisan ini agak telat tapi nggak apa-apalah mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Seperti biasa, memasuki musim haji, XL merilis program haji, yakni layanan SMS, telepon dan BB yang diakui sebagai XL sebagai program murah dan mudah.

Nah kita akan bedah apakah benar program XL Haji ini benar-benar murah seperti yang diklaim XL dalam websitenya. Kita akan coba bandingkan dengan operator seluler terbesar di tanah air, yakni Telkomsel.

Pertama, untuk tarif nelpon. Tarif nelpon ke Indonesia saat berada di Tanah Suci menggunakan kartu XL, hanya Rp 3.500 per menit. Bandingkan dengan tarif nelpon Telkomsel saat ibadah Haji ke Indonesia yang Rp 5 ribu per menit. Untuk poin pertama ini XL Paling Murah!

XL memberlakukan one tariff, maksudnya tarif nelpon Rp 3.500,- berlaku untuk panggilan keluar ke negara manapun. Dari dua hal ini tarif nelpon ke Indonesia dan ke negara luar, XL paling murah tarif nelponnya sesuai dengan yang diiklankan XL, dibandingkan dengan operator seluler lainnya, bahkan lebih murah daripada operator Arab Saudi. (Lihat grafik).

Tarif XL Haji

Untuk urusan tarif selama ibadah haji di Tanah Suci memang erat kaitannya dengan MOU kerja sama operator seluler Tanah Air dengan operator seluler lokal di Arab Saudi. Telkomsel menggandeng operator Zain, sedangkan XL bekerja sama dengan operator Mobily, Etihad dan Etisalat.

Kedua, untuk tarif nelpon ke nomor Arab Saudi, XL tetap menggunakan one tariff. Dengan ini tarif nelpon lokal XL ke nomor Tanah Suci adalah Rp 3.500 per menit, jauh lebih mahal dengan tarif Telkomsel yang hanya Rp 1.000 per menit. Telkomsel lebih unggul!

Ketiga, tarif roaming. Tarif menerima panggilan Telkomsel saat berada di Tanah Suci adalah Rp 3.000 per menit, sedangkan XL mengenakan tarif Rp 3.500 per menit. Hingga poin ketiga ini, Telkomsel unggul 2-1.

Keempat, tarif BB roaming. Untuk layanan satu ini XL membedakan antara pelanggan pasca bayar nya dengan pra bayarnya. Di mana XL pasca bayar mengenakan tarif Rp 25.200 per hari, sedangkan prabayar Rp50.050 per hari. Untuk kepentingan komparasi, kita gunakan pasca bayar di mana XL Rp25.200 per hari atau 10 hari menjadi Rp252.000 sedangkan Telkomsel Rp 150.000 per 10 hari. Padahal jika tidak menggunakan paketpun, Biaya APN BlackBerry Telkomsel hanya Rp 20ribu per hari. Tsel strikes 3-1.

Kelima, tarif Internet Roaming. Seperti halnya BB roaming, XL mendiferensiasi tarif pelanggan pascabayar dengan prabayar. Pascabayar dikenakan tarif lebih murah dengan Rp 25.200 per hari, sedangkan prabayar Rp 75.250 per hari. Bandingkan dengan Telkomsel yang mengenakan tarif APN Unlimited Data dengan Rp 50.000 per hari. Sebenarnya untuk poin satu ini agak susah diperbandingkan karena diferensiasi pelanggan yang diberlakukan XL, namun berbicara 'murah', kali ini XL mengubah skor menjadi 3-2.

Keenam, tarif Kirim SMS. XL mengenakan biaya Rp 3.500 per SMS yang terkirim, sedangkan Telkomsel memberlakukan tarif Rp 500 per SMS, jauh lebih murah daripada XL. Kedudukan akhir sekarang adalah 4-2 untuk kemenangan Telkomsel.

Jadi yang mana yang harus kamu pilih saat melaksanakan ibadah haji saat di Tanah Suci? Nggak perlu bingung. Kalo kamu bakal lebih sering menggunakan nelpon ke Indonesia, pakai aja kartu XL. Sementara buat kamu yang aktif menggunakan ponsel atau BB, pilih aja Telkomsel. Mudah kan?
Share this article :
 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger