Home » , , » Tips Optimalisasi Smartphone Android

Tips Optimalisasi Smartphone Android

Written By Kho Djoen on Sabtu, 24 November 2012 | 11.21

Hingga quarter ke-3 tahun 2012, sistem operasi Android merupakan OS yang paling populer, dengan merajai sekitar 52% share. Popularitasnya pun terus naik seiring dengan aktifnya Google melakukan update terhadap Android.

Pun versi yang paling anyar yakni Android 4.2 Jelly Bean memiliki banyak fitur-fitur mutakhir dan keren. Tak salah jika Google memutuskan menyematan Android 4.2 ke smartphone Asus Nexus 7 32GB Seluler.

Nah, biar kinerja smartphone Android kamu lebih wuz wuz lagi, simak Tips Optimalisasi Smartphone Android berikut:

Install Aplikasi Yang Penting Saja

Memang hingga saat ini jarang ditemui aplikasi tertentu yang crash berjalan di sistem Android, namun ada baiknya menjaga performa smartphone dengan mengurangi aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Aplikasi yang tidak penting bukan hanya mempersempit ruang penyimpanan (storage), tapi juga menghabiskan memori RAM. Membebaskan beberapa aplikasi yang kurang penting akan berdampak langsung pada peningkatan kinerja smartphone.

Gunakan Aplikasi Ringan

Android pic
Aplikasi pengolah grafis atau game-game ekstrim membutuhkan resource yang besar saat memulai program. Demikian pula dengan aplikasi berat yang "memakan" RAM. Jika kamu mempunyai jadwal penting, kamu cukup menggunakan fitur alarm daripada menggunakan aplikasi reminder yang canggih mutakhir namun berfungsi sama.

Tutup Aplikasi Jika Sudah Selesai

Nah, ini lagi. Aplikasi yang sudah selesai, baiknya ditutup aja daripada memperberat performa atau memperlambat loading aplikasi yang lain. Daripada smartphone kamu menjadi lelet, terapkan langsung tips ini pada smartphone kamu.

Nonaktifkan Animasi

Animasi memang tidak berdampak besar pada akselerasi grafis ataupun loading aplikasi lain, namun jika hanya untuk memuaskan mata, nonaktifkan saja animasi. Dengan demikian baterai kamu akan menjadi hemat, pun layar smartphone jadi lebih awet. Kamu bisa menonaktifkan dengan masuk ke menu Settings » Display » Animation dan pilih No Animation.

Nonaktifkan Fitur GPS

Fitur GPS (Global Positioning System) adalah fitur untuk menentukan suatu lokasi/tempat dengan bantuan satelit. Fitur canggih yang banyak memakan kapasitas baterai jika diaktifkan.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bukan hanya mengoptimalkan smartphone Android tapi juga ikut mensukseskan program pemerintah menghemat energi, terutama energi listrik. Hehe. Hemat energi berarti juga menghemat kantong loh...
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di sini. Mohon hindari komentar yang berbau pornografi, sadisme, dan SARA.

 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger