Home » , , , , » Review: Google Nexus 7 32GB versi Seluler

Review: Google Nexus 7 32GB versi Seluler

Written By Kho Djoen on Sabtu, 17 November 2012 | 10.49

Nexus 7 memang menyita perhatian para gadget freak. Apalagi Nexus 7 membawa nama besar Google dan pabrikan Taiwan, Asus. Tidak heran jika kehadirannya menyedot perhatian banyak pengunjung pada ajang Indocomtech lalu.

Nexus 7 menggunakan bahan karet pada bagian belakang menjadikan tablet ini nyaman dan tidak slip di tangan. Begitupun dengan dimensi 198,5 x 120 x 10,5 mm dan berat yang 340 gram, tidak membuat pegal tangan saat berlama-lama bermain game.

Pun untuk game yang sangat berat seperti "Need for Speed", performa Nexus 7 patut diacungi jempol. Sebagai tablet 7 inchi pertama yang menggunakan prosesor quad-core, yakni 1,3 GHz NVidia Tegra 3, dan memori RAM 1 GB membuat aktivitas menonton video 1080p, berpindah halaman majalah elektronik, menjadi lancar-mulus tanpa hambatan. Apalagi perpaduan prosesor Tegra 3 dan layar beresolusi 1280 x 800 merupakan pilihan tepat dan mantap.

Sepertinya Google memprioritaskan tablet ini sebagai yang terutama dan termutakhir. Sebagai mana kita tahu, Google Nexus 7 merupakan perangkat mobile yang pertama sekali menggunakan sistem operasi Android v4.1 (Jelly Bean). Begitupun dengan Nexus 7 32 GB versi seluler yang terbaru menggunakan sistem operasi Android yang termutakhir yakni Android v4.2.

Google Nexus 7
Dengan OS 4.2 Nexus 7 kamu seakan-akan menjadi beberapa tablet yang berbeda. Kamu bisa mengatur beberapa profil pengguna yang berbeda-beda, sehingga satu pengguna tidak mengganggu pengguna lainnya; kamu tidak bisa berbagi data antar pengguna, jadi seperti memiliki beberapa tablet kan? :D

Satu hal lagi yang patut dibanggakan dari Nexus 7 ini adalah baterai supernya yang berkapasitas 4.325 mAh. Seorang analis PCMag menjajal kemampuan baterai Nexus 7 dan membandingkannya dengan iPad Mini dan Amazon Kindle Fire HD. Hasilnya? Kemampuannya mencengangkan; saat menonton video dengan setingan "brightness" tertinggi, Nexus 7 bertahan dengan waktu hampir 11 jam, sementara iPad Mini dengan 7,5 jam dan Kindle Fire HD hanya 7 jam.

Nah, karena Nexus 7 yang dibahas ini adalah versi selulernya, tentu kamu akan menemukan slot Micro-SIM Card pada sisi kiri. Sementara di sisi kanan kamu akan menemukan tombol volume dan power. Sayangnya meskipun berbasis seluler, Nexus 7 ini tidak bisa digunakan untuk menelpon atau SMS.

Begitu pula dengan urusan internet. Tablet ini tidak bisa dijadikan mobile hotspot. Bahkan dilaporkan untuk ber-internet ria di jaringan LTE, Nexus 7 kalah jauh dengan Samsung Galaxy III. Alhasil jika keseharian kamu mengandalkan kecepatan internet, disarankan menggunakan jurus tethering atau menggunakan Nexus 7 Wi-Fi saja. Tapi berhubung di Indonesia belum ada jaringan operator seluler yang men-support 4G LTE, kendala internetan ini dijamin tidak akan terasa. ;p

Asus Google Nexus 7 32GB Seluler, dipasarkan dengan harga US$ 299 versi unlocked. Untuk harga di Indonesia masih belum pasti, yang jelas di atas Rp 3juta.

Dengan harga US$ 299 Nexus 7 baru ini bisa disebut murah. Pun dengan desain dan interface yang user-friendly, kapasitas penyimpanan (storage) yang besar dan OS Android v4.2, Nexus 7 32GB versi seluler patut menjadi pilihan, di luar "hilangnya" kemampuan seluler; menelpon, SMS dan kurang memadainya support 4G LTE.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di sini. Mohon hindari komentar yang berbau pornografi, sadisme, dan SARA.

 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger