Home » , , » Fitur Terbaru Android 4.2 Jelly Bean

Fitur Terbaru Android 4.2 Jelly Bean

Written By Kho Djoen on Selasa, 20 November 2012 | 14.45

Apa kamu tahu Google sudah merilis OS (Operating System: Sistem Operasi) terbarunya; Android 4.2? Update kali ini memang tidak terlalu kentara gaungnya dibandingkan update-update terdahulu, karena Google membatalkan rilis Android 4.2 -yang sedianya dilakukan di di New York 29 Oktober 2012- dengan alasan Badai Sandy.

Android 4.2 sendiri diperkenalkan pada press-release yang bertajuk "A new flavor of Jelly Bean" (rasa baru Jelly Bean), pada perangkat LG Nexus 4 dan Samsung Nexus 10. Kedua perangkat tersebut merupakan perangkat pertama kali yang menggunakan OS Android versi 4.2 yang dirilis 13 November lalu.

Tak ketinggalan, penerapan sistem operasi Android 4.2 Jelly Nean baru bisa kamu lihat di tablet Nexus 7 32GB versi Seluler, perangkat gadget hasil kerjasama Google dan pabrikan Taiwan, Asus. Hasilnya? Performa Android 4.2 di tablet Nexus 7 pun patut diacungi jempol, dengan fitur-fitur baru yang boleh disebut evolusioner.

Dan pada update kali ini juga, sangat berbeda dengan rekaman sejarah update Android. Biasanya ketika versi terbaru Android diluncurkan, Google mereferensikan nama baru untuk tiap versi, contoh: Android 1.5 "Cupcake", Android 1.6 "Donut", Android 2.1 "Eclair", Android 2.2 "Frozen Yoghurt" (lebih dikenal sebagai Froyo) dan 2.3 "Gingerbread", yang masih banyak digunakan oleh ponsel low-end. Selanjutnya Android 3.0/3.1 "Honeycomb", Android 4.0 yang dinamai "Ice Cream Sandwich" (ICS). Dan yang terakhir, Android 4.1 "Jelly Bean". Biar lebih jelas, lihat tabel di bawah ini:

Sejarah Android

Pada update Android 4.2 kamu akan menemukan beberapa fitur canggih yang pastinya juga menarik untuk kamu gunakan:

Photo Sphere

Photo Sphere merupakan fitur yang akan menghasilkan foto "panorama". Tidak seperti foto panorama biasa, kamu bisa memasukkan diri kamu sendiri ke dalam hasil foto, dengan memutar perangkat hingga 360 derajat. Foto yang dijepret dengan fitur Photo Sphere ini bisa kamu tampilkan di perangkat, kamu share ke Google+, bahkan di-post ke Google Maps.

foto panorama

Kalo kamu penasaran seperti apa sih fitur Photo Sphere itu, kamu bisa tonton video demo penggunaan fitur Photo Sphere di perangkat Nexus 4 ini:


Wireless TV Integration

Akhirnya untuk pertama kalinya Android mengadopsi teknologi wireless TV integration di versi 4.2 ini. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk berbagi video straming ke televisi secara wireless, alias tanpa kabel. Kamu cukup mengkoneksikan wireless display adaptor ke port HDMI-TV.

Updated Google Search dan Google Now

Google meningkatkan kemampuan Google Search dan Google Now dengan Knowledge Graph yang lagsung menjawab kueri sebelum mengirimkan hasilnya. Pada update kali ini, Google Now menambahkan film terbaru, jadwal penerbangan, reservasi hotel dan restoran, hingga foto-foto tempat yang biasa kamu kunjungi yang berdekatan dengan posisi kamu.

Google Now

Bahkan untuk urusan cuaca, sekarang Google Now menampilkan informasi prediksi cuaca hari ini dan esok hari

Gesture Typing

Gesture Typing pada Android 4.2
Mirip seperti fitur BlackBerry 10, Android 4.2 Jelly Bean juga memiliki fitur serupa, yakni Gesture Typing. Kamu cukup menyapukan jari ke huruf yang akan kamu tulis, selanjutnya angkat jari setelah satu kata diketikkan. Fitur ini akan memprediksi kata berikutnya yang akan kamu ketik, sehingga menulis dengan fitur ini akan mengurangi penggunaan keyboard.

Multiple User Account

Dukungan Multi-User
Dengan fitur multiple user account, kamu bisa masuk sebagai satu user yang berbeda akun dengan user lain. Kustomisasi home screen, widget, wallpaper dan aplikasi yang telah dibuat di salah satu user tidak akan bercampur dengan akun user yang lain. Pun untuk berpindah dari satu akun ke akun lainnya, kamu dapat switch user dengan mudah, tanpa perlu melakukan log-out dan log-in. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Windows pada laptop ataupun desktop, kamu tidak akan kesulitan menggunakan fitur ini.

Selain itu kamu juga bisa bermain game dan menyimpan hasil skor, level dan segala setting-annya tanpa bercampur aduk dengan setting user lain.

Seorang rekan pernah meng-install sebuah game berukuran besar menggunakan satu user, dan selanjutnya mencoba meng-install ulang menggunakan user lain. Apa yang terjadi? Android 4.2 "dengan sangat super cepat" meng-install game tersebut, rupanya instalasi tidak dilakukan 2 kali di Android 4.2. Hemat waktu dan irit storage!

Dengan adanya fitur ini akan menjadikan sebuah gadget seolah-olah memiliki beberapa gadget. Fitur ini juga sekaligus merupakan fitur pertamakali yang diadopsi oleh Android dan belum pernah ada di versi-versi sebelumnya.

Daydream

Daydream merupakan fitur yang akan menampilkan sejumlah informasi yang berguna, yakni foto-foto atau bisa juga berita terbaru dari Google Currents saat perangkat Android 4.2 dalam keadaan idle. Asyik juga lah, bisa sekedar untuk mengusir kejenuhan ataupun mengisi waktu luang.
Daydream
Perubahan kecil di fitur Daydream ini mengingatkan kita akan fitur mirip yang ada di Windows 8.

Magic Widgets

Magic Widgets
Magic Widgets ini memungkinkan kamu mengkreasikan sendiri widget kamu di home screen. Kamu bahkan me-resize ukuran dari widget sesuka kamu, tanpa perlu khawatir akan merusak tampilan home screen. Karena widget ini akan secara otomatis menyesuaikan agar tidak menimpa shortcut icon di home screen.

Android Beam

Dengan fitur NFC ini kamu bisa mentransfer foto dan video ke rekan kamu dengan mudah. Bahkan di Android 4.2 ini kamu bahkan bisa berbagi daftar kontak, video, musik, laman situs internet, aplikasi bahkan dokumen hanya dengan satu sentuhan.

Fitur Android Beam

Cara penggunaannya pun tergolong mudah, kamu cukup menempelkan kedua gadget ber-OS Android 4.2 yang memiliki NFC, selanjutnya foto, video, daftar kontak, dan lain-lain terkirim dengan cepat. Video penggunaan fitur NFC ini pernah di-posting seperti di video #1, detik ke-11, saat "Lagi, Iklan Samsung Sindir Apple iPhone 5".

Notifikasi Gaya Baru

Fitur Notifikasi di Android 4.2
Tidak lupa Google memperbarui fitur notifikasinya. Di Android 4.2 kamu bisa memunculkan semua notifikasi ke halaman layar dengan "menyapu" (swipe) bagian atas layar dengan jari. Pun notifikasi di sini tidak hanya menampilkan pesan pemberitahuan saja, namun telah diintegrasikan dengan beberapa fungsi tambahan.

Tidak perlu menunggu waktu lama bagi Google untuk meng-update bahkan menambahkan fitur-fitur terbaru yang evolusioner di Android 4.2 ini. Sejak update versi 4.1 yang dirilis pada 27 Juni 2012, justru update besar-besaran dilakukan oleh Google. Berbanding terbalik dengan RIM (Research In Motion) di mana pecinta BlackBerry harus menunggu hingga akhir bulan Januari tahun 2013 untuk sekedar menyaksikan platform BlackBerry 10.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di sini. Mohon hindari komentar yang berbau pornografi, sadisme, dan SARA.

 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger