Home » , , , , » Cara Potong SIM Card Jadi Nano SIM Card untuk iPhone 5

Cara Potong SIM Card Jadi Nano SIM Card untuk iPhone 5

Written By Kho Djoen on Minggu, 30 September 2012 | 05.37

Apple iPhone 5 memang menampilkan cukup banyak perubahan dibandingkan dengan pendahulunya Apple iPhone 4S. Salah satu di antaranya adalah penggunaan Nano SIM Card yang lebih tipis 15% daripada Micro SIM Card.

Pihak Apple sendiri mengharuskan penggunanya menggunakan Nano SIM Card untuk iPhone 5. Tak pelak hal ini menyulitkan gadget-freak Indonesia yang sudah menungu-nunggu kedatangan smartphone dual-core 1 GHz ini. (Kalau belum tahu bentuk dan spesifikasi teknis, serta beda iPhone 5 dengan iPhone 4S, baca Review Apple iPhone 5).

Pun tiga operator seluler terbesar di tanah air seperti XL, Indosat, dan Telkomsel - baru-baru ini hanya membuka pre-order nano sim card untuk iPhone 5 yang menghebohkan ini. Artinya kesiapan operator seluler ini akan nano sim card sangat rendah. Atau bisa jadi hanya akal-akalan (baca: strategi) operator untuk mendata (calon) pengguna iPhone 5.

Nah bagi temen-temen yang sudah nggak kuat lagi nahan untuk menjajal Apple iPhone 5 yang sudah ada di tangan, daripada bete nungguin pesanan Nano SIM Card dari operator seluler kamu, mending potong sendiri aja sim card kamu.

Cara Memotong SIM Card Menjadi Nano SIM Card
Kalo lihat caranya sih memang lumayan mudah, namun mesti berhati-hati. Pertama-tama kamu harus tahu dulu ukuran pasti dari nano sim card itu.

Nano SIM Card mempunyai dimensi 8,8 x 12,3 x 0,67 mm. Memang lebih tipis 0,09 mm namun setelah dicoba bisa masuk ke slot iPhone 5 dengan pas. Slot (SIM tray) iPhone 5 memang memiliki 'deviasi' atau toleransi hingga 0,09 mm. Jadi mau dimasukin (insert) Nano SIM Card dengan tebal 0,67 mm ataupun mini/Micro SIM yang tebalnya 0.72 mm pun tidak jadi masalah. Tidak perlu diganjal kertas bahkan. Memang sih bisa dicoba untuk dipotong agar sama tipisnya dengan nano sim card, namun beresiko tinggi bisa merusak chip itu sendiri.

Kedua, kamu harus menyiapkan alat bantu berupa cutter tajam, gunting, pena marker, mistar, isolasi/selotip dan jiplakan ukuran dimensi Nano SIM Card. Jadi ketika kamu potong atau gunting, letakkan SIM Card di atas jiplakan Nano SIM, hingga tepat terpotong dengan akurat.

Ketiga untuk mendapatkan jiplakan Nano SIM card, kamu bisa download Petunjuk Memotong SIM Card menjadi Nano SIM Card untuk iPhone 5 di bawah artikel ini, ukuran file lebih kurang 2,12 MB. By the way, jangan bingung dengan SIM Card yang akan Anda potong, karena jenis SIM Card dari operator seluler di Indonesia adalah 'Actual SIM 2FF (non micro)'.

Tahap ke-4 dan seterusnya, Anda bisa mengikuti prosedur step by step petunjuk memotong nano sim card di akhir artikel ini. Atau biar lebih mantap lagi, Anda bisa tonton video di bawah ini.

Soal hasil memang sangat subjektif. Namun jika Anda berhasil mengikuti prosedur di atas step by step (yang menurut kami sangat mudah), tentu kamu juga akan mengikuti jejak Rubi Alamsyah, salah seorang ahli forensik digital yang telah lebih dulu berhasil. Dia telah menjajal nano SIM Card yang telah dia potong sendiri ke ke-4 Apple iPhone 5 miliknya, dan hasilnya?

Apple iPhone 5 dengan Nano SIM Card yang telah ia potong itu sukses dipakai buat menelpon, SMS, dan ienternet-an selama berjam-jam tanpa ada hambatan sama sekali.

Dan yang telah berhasil membuat 'nano SIM Card karya tangan sendiri' ini bukan hanya Rubi lho. Banyak orang yang di mancanegara sana telah membuktikan bahwa sim card ataupun micro sim card yang telah mereka potong mengikuti prosedur di atas ini bisa berjalan di smartphone iPhone 5 mereka. Sinyalnya ada dan kartunya benar-benar berfungsi penuh.

Download Prosedur memotong sim card menjadi nanosim iPhone 5 di sini

Jangan takut salah ataupun ragu. Teman-teman di atas sudah berhasil membuktikannya kok. Tapi kalau kamu merasa tangan kamu kurang begitu ahli, beli aja perdana baru. Kalaupun salah gunting, beli lagi aja perdana baru. Toh perdana paling mahal 5 ribu, non nomor cantik. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Silahkan...
Share this article :
 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger