Home » , , , , , , » Apple iPhone 5 Review: Kapan, Di mana & Spesifikasi

Apple iPhone 5 Review: Kapan, Di mana & Spesifikasi

Written By Kho Djoen on Jumat, 14 September 2012 | 15.15

Rumor yang biasanya menyertai launching produk baru Apple, akhirnya berakhir dengan kemunculan pertama Apple iPhone 5 tadi malam (13/9) di San Fransisco, California. Produk unggulan Apple ini memang heboh. Bahkan JP Morgan meyakini bahwa kehadiran Apple iPhone 5 ini akan membawa angin segar kepada pertumbuhan ekonomi (GDP) Amerika Serikat secara langsung.

Meskipun iPhone 5 baru akan dipasarkan tanggal 21 September nanti, beberapa analis memberikan sentimen postif akan kemunculan gadget canggih ini. Malah ada yang memprediksi penjualan akan tembus 8-10 juta unit untuk bulan September ini saja. Wow!

Yah kalau mengacu pada data, analisa tersebut tidaklah mengada-ada. Karena iPhone 4S sendiri memimpin pasar dengan 4 juta penjualan pada minggu pertama hanya dari 7 pasar. Sementara mulai minggu ketiga September 2012 ini, iPhone 5 akan sudah tersedia di 31 negara sebelum akhir bulan.

31 negara? Wah ada Indonesia dong... :) ? Menurut rencana, Apple iPhone 5 akan dipasarkan dalam 2 termin. Termin pertama yakni minggu ketiga, tepatnya tanggal 21 September 2012, iPhone 5 akan dipasarkan di 9 negara yakni Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Hongkong, Australia, Kanada dan Singapura. Sedangkan termin kedua pada minggu ke-4 atau tanggal 28 September 2012, iPhone 5 akan menyambangi 22 negara seperti Australia, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Irlandia, Italia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Selandia Baru, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Apple iPhone 5 lebih tipis
Lah kok? Nggak ada Indonesia? Kenapa yah? Padahal penjualan Apple di Indonesia sendiri menunjukkan angka yang lumayan. Dan pasar seluler Indonesia juga adalah lahan yang menggiurkan untuk digarap. Hingga saat artikel ini ditulis belum jelas kenapa Indonesia dianaktirikan oleh Apple. Mungkin karena Apple memang dinomorsekiankan oleh pengguna gadget tanah air. Kalau alasan kekurangsiapan infrastruktur telekomunikasi yang belum memadai juga bisa dijadikan penyebab.

Buat gadget mania yang tanggannya udah gatel buat menjajal Apple iPhone 5, dan mau ngeduluin teman-teman yang lain, pesan aja tiket ke Singapura atau ke Australia. Hehe... Atau kalau mau pre-order, segera bookmark store.apple.com. Buruaaannn.. mulai tanggal 14 September 2012.

Nah buat yang penasaran dengan spesifikasi Apple iPhone 5, dan komparasinya dibandingkan pendahulunya, iPhone 4S dan iPhone 4, berikut tabel spek ketiga iPhone besutan Apple.

Klik Gambar untuk memperbesar

Sesuai harapan, Apple iPhone 5 ini memang lebih tipis daripada Apple iPhone 4S. iPhone 5 memiliki ketebalan 0,3 inchi, bandingkan dengan iPhone 4S yang tebalnya 0,37 inchi. Artinya iPhone 5 lebih tipis 18% daripada iPhone 4S. Dan kalau melihat tabel, iPhone 5 lebih ringan 20% daripada iPhone 4S.

Layar Apple iPhone 5
Dengan dimensi yang lebih tinggi, artinya bagi pengguna akan ada 5 baris icon di homescreen, yang semestinya membuat pengguna lebih nyaman dan hemat menggunakan jari.

Berbeda dengan iPhone 4, Apple iPhone 5 menggantikan kaca di belakang dengan metal. Ini adalah koreksi desain seri 4 yang lebih rentan pecah saat terjatuh.

Untuk urusan jaringan, iPhone 5 sudah support 4G LTE, yang mana sudah tersedia di rata-rata negara Eropa dan beberapa Asia; katakanlah Amerika, Kanada, Singapura, Australia. Jika tidak ada LTE, maka iPhone 5 akan berjalan di 3.5G HSDPA+.

Untuk urusan prosesor, dengan menggunakan chip A6, kecepatan akan berpengaruh 2x lebih cepat daripada chip A5 yang dimiliki iPhone 4S. Performa grafik lebih cepat, loading laman Web 2.1x lebih cepat. Dan begitu juga dengan aplikasi musik, loadingnya hampir 2x lebih cepat.

Kamera utama, alias iSight Camera tetap menggunakan 8 megapixel, tidak beda dengan pendahulu sebelumnya. Hanya proses pemrotetan 2x lebih cepat dan lebih 'hemat' cahaya.

Resolusi viceo tidak berubah, tetap 1080p HD, dengan tambahan 'deteksi wajah' hingga 10 orang. Asyiknya lagi, kita bisa mengambil foto ketika merekam video. Kerreenn... Kamera sekundernya? Yess! Kamera sekunder sekarang bisa merekam 720p HD video.

Bagaimana? Apa ini iphone yang kamu idam-idamkan sebelumnya? Kalo mau sabar sampai akhir tahun ini, mudah-mudahan Apple iPhone 5 sudah akan terpasarkan ke 100 negara. Mudah-mudahan akhir 2012 ini sudah nyampe di tangan. :P
Share this article :
 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger