Home » , , , , , , » Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Written By Kho Djoen on Senin, 10 September 2012 | 08.46

Berikut ini adalah tips mempercepat koneksi internet secara umum yang berguna bagi pembaca blog yang menggunakan wireless atau kabel, GSM, CDMA ataupun ISP. Tips ini bisa disesuaikan dengan situasi kondisi koneksi internet di tempat masing-masing.

1. Buatlah komputer kita berjalan lebih cepat. Memang kecepatan komputer bergantung pada spesifikasi hardware tiap komputer. Sesuaikan clock-speed, RAM, dan kapasitas Harddisk dengan OS yang digunakan. Pun seiring waktu, file akan bertambah dan memakan kapasitas harddisk yang bisa mengurangi virtual memory. Belum lagi kalau install-uninstall game atau software tertentu. Ada baiknya menggunakan tool seperti Registry Easy Cleaner atau Revo Uninstaller. Beberapa rekomendasi bisa software mempercepat akselerasi komputer.

2. Situasikan router secara tepat dan pantas. Jika tempat kita luas, tempatkan di posisi sentral jika memungkinkan. Jangan letakkan dekat dengan modem atau perangkat wireless lainnya karena bisa mengganggu line 'jaringan'.

3. Gunakan antena jika diperlukan. Jika koneksi internet lemot karena kualitas sinyal, cobalah menggunakan perangkat antena luar. Ada beberapa macam antena dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi pula. Antena yagi mungkin bisa menjawab kebutuhan dengan harga terjangkau. Untuk antena yagi, sesuaikan frekuensi dengan jarak BTS. Untuk koneksi modem ke antena bisa menggunakan pig-tail atau induksi. Pig-tail memang hanya terbatas pada perangkat modem dengan merk dan tipe tertentu, namun lebih efektif. Induksi kurang, namun bisa digunakan untuk seluruh perangkat modem GSM atau CDMA, juga soal harga lebih terjangkau.

4. Gunakan line frekuensi tertentu. Jika di suatu wilayah banyak menggunakan jaringan frekuensi xxx MHz, Anda bisa menggunakan frekuensi yyyy MHz menjawab kualitas koneksi internet yang lemot. Contoh: SmartFren menggunakan dua jaringan frekuensi, yakni 800 dan 1900MHz. Jika penngguna modem di suatu wilayah banyak menggunakan frekuensi 1900MHz, disarankan menggunakan 800MHz. Karena kecepatan di-'sharing', ada baiknya menggunakan jaringan dengan densitas pengguna masih sedikit. Untuk tips ke-4 ini, silahkan kunjungi galeri SmartFren untuk memastikan jaringan frekuensi yang cocok untuk wilayah masing-masing.

Menurut prediksi ATSI, pengguna data akan meningkat di tahun 2012 ini. Menangkap peluang ini, beberapa provider telekomunikasi meningkatkan layanan datanya masing-masing, baik secara kuantitas maupun kualitas. Semestinya akan tersedia banyak opsi bagi pengguna internet memenuhi kebutuhan onlinenya, Yang jelas end-user diuntungkan dalam hal ini.

Semoga tips berikut di atas bisa berguna. Jangan lupa untuk memberi masukan dan alternatif lain dengan berkomentar. :-P

Share this article :
 
Support : Info Pulsa dan Seluler
Copyright © 2007. Info Seluler dan Mobile - All Rights Reserved
Like! Us Infopulsa21 Published by @info_pulsa
Proudly powered by Blogger